8 Tips Mudah Merawat Taman Minimalis Yang Ada Dirumahmu

Pada saat sekarang ini, rumah minimalis sudah menjadi tren saat ini yang dilengkapi dengan taman minimalis sehingga daya tarik sebuah rumah akan lebih ditonjolkan. Disamping mempunyai fungsi dan peran yang tidak boleh dianggap sepele, dengan kehadiran taman rumah maka rumah anda kelihatan asri, indah dan mempunyai udara bersih.
Apalagi jika anda tinggal di kota-kota besar yang banyak polusi udaranya. Namun selain memiliki fungsi kami sebutkan di atas, kegunaan taman rumah itu sendiri adalah dapat meningkatkan nilai tambah dari bangunan rumah anda tersebut dan warna-warna hijau yang dihasilkan oleh taman itu sendiri menjadi obat bagi mata serta menyenangkan pengelihatan anda.

Dengan taman minimalis tersebut rumah cantik anda akan terkesan asri yang semarak, indah serta menyenangkan hati dan dapat membuat penyerapan polustan untuk mengurangi tingkat polusi di sekitar rumah anda.

Apalagi sekarang ini lagi banyak diminati adalah konsep taman minimalis yang sangat berkembang pesat, semakin banyak rumah cantik dengan gaya simple maka semakin banyak juga taman minimalis yang menyertainya.

Jika anda ingin membuat taman asri maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat serta merawat taman mini anda tersebut;

1. Mengenali Jenis Tanaman Taman Rumah
Dari banyaknya tanaman yang ditanam dalam taman rumah, hendaknya anda mengenali seluruh tanaman tersebut karena tanaman ada yang suka banyak air dan ada juga yang tidak menyukai banyak air, serta ada juga beberapa tanaman yang pertumbuhannya cepat dan ada juga yang lambat, sehingga itu berpengaruh pada cara perawatannya seperti, pemupukan, cara menyiram, cara pemangkasan serta penggantian media tanam.

2. Memilih Tanaman Yang Pertumbuhannya Lambat
Karena ada beberapa jenis tanaman yang pertumbuhannya cepat misalnya jenis dari tanaman perdu lili paris dan sejenisnya, namun ada pula yang pertumbuhannya lambat misalnya sejenis bonsai atau sikas. Maka anda harus pintar juga memilih tanaman yang pertumbuhannya lambat agar dalam perawatannya mudah dan tidak banyak menyita waktu anda.

3. Memangkas Ranting atau Dahan
Langkah yang ketiga ini merupakan bisa dijadikan kegiatan rutin untuk memangkas ranting atau dahan yang memang sudah panjang atau sudah tua. Karena disamping mengurangi keindahan sebuah taman juga dapat berpengaruh kepada tanaman itu sendiri karena nutrisi makanan sebuah tanaman akan langsung diserap oleh daun muda, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan lebih sehat.

Dan manfaat yang lain dengan memangkas ranting pada tanaman anda yang panjang hendaknya anda lakukan karena untuk menghindari besar tanaman ke samping dan taman akan terlihat lebih indah terawat dan tidak terlalu rimbun.

4. Untuk Jenis Tanaman Air
Jika anda memiliki tanaman air maka hendaknya tanaman tersebut ditanam didalam pot yang tidak ada lobang agar kebersihan tetap terjaga dilingkungan sekitarnya. kalau anda memiliki banyak tanaman air hendaknya anda mempunyai tatakan pot  guna untuk menata tanaman air anda agar tampak cantik serta menonjol.

5. Untuk Jenis Tanaman Rambat
Bila anda ingin menanam tanaman yang merambat pakailah penyanggah agar terlihat rapi dan arahkan ke ranting tanaman yang belum rapat denga cara mengikat antar ranting tersebut.
Perawatan tanaman, pertumbuhan tanaman yang akan mempengaruhi perkembangan tumbuhan. misalkan ukuran tanaman yang diinginkan seperti pembentukkan bunga, pertumbuhan cabang dan lain sebagainya.

6. Pengendalian Gulma atau Rumput Liar
Langkah yang keenam ini memang benar-benar harus dilakukan karena seindah dan sebagus apapun sebuah taman apabila terdapat gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitarnya, maka dapat dipastikan bahwa keindahan sebuah taman akan tidak lagi nampak. Dikarena gulma atau rumput liar akan membuat taman terlihat kumuh.

Jadi anda harus benar-benar meluangkan waktu secara periodik menghilangkan gulma tersebut dengan cara mencabutinya. Dikarena kalau gulma tersebut dibersihkan dengan cara di potong maka suatu saat akan tumbuh lagi. Tetapi itu tergantung anda, menyesuaikan dengan waktu luang yang anda miliki.

8. Merapikan Rumput Taman
Sedangkan langkah yang selanjutnya ini memang berbeda dengan yang rumput gulma kalau gulma sebisa mungkin untuk dibuang, beda dengan rumput taman, sejenis rumput gajah mini, rumput kucai atau rumput Jepang (Manila) karena memang rumput ini keberadaannya  sangat diperlukan untuk memperindah sebuah taman. Dan memang rumput adalah komponen pokok dalam sebuah desain taman atau lanskap.

Namun walaupun keberadaannya dibutuhkan tetapi juga tidak serta merta pertumbuhannya dibiarkan begitu saja. Maka diperlukan adanya pemangkasan jika memang dianggap sudah terlalu panjang dan sudah tidak indah untuk dipandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp